Definisi Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan ?

Mungkin untuk sebagian orang yang masih awam , kata-kata tersebut sangat asing di telinga mereka. Begitu pula bagi saya satu tahun silam, sering kali saya bertanya-tanya dan menerka-nerka sendiri apa itu Teknologi Pendidikan.

Dua semester pun berlalu sedikit demi sedikit terbukalah pengetahauan saya tentang Teknologi Pendidikan, sekiranya saya adalah mahasiswi semester 3 program study Teknologi Pendidikan, jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Mau tak mau semua hal yang berhubungan dengan Teknologi Pendidikan akan terus saya kaji dalam tiap perkuliahan.

Definisi merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa inggris definition yaitu pengertian atau keterangan singkat mengenai sesuatu hal yang dikemukakan oleh berbagai sumber.Berikut ini akan dibahas berbagai definisi dari teknologi pendidikan;

  • Definisi Association for Educational Communications Technology (AECT) 1963

Pada definisi ini, digunakan istilah Komunikasi audio-visual sebagai istilah lain dari teknologi pendidikan. Komunikasi audio-visual adalah cabang dari teori dan praktek pendidikan yang berhubungan dengan proses mendesain yang bertujuan untuk  mengendalikan  proses belajar, mencakup kegiatan : mempelajari kelemahan dan kelebihan dalam proses belajar, serta penstrukturan dan sistematisasi  dalam lingkungan pendidikan.

  • Definisi Commission on Instruction Technology (CIT) 1970

Suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.

  • Definisi Silber 1970

Teknologi Pembelajaran adalah pengembangan (riset, desain, produksi, evaluasi, dukungan-pasokan, pemanfaatan) komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan latar) serta pengelolaan usaha pengembangan  (organisasi dan personal) secara sistematik, dengan tujuan untuk memecahkan masalah belajar

  • Definisi MacKenzie dan Eraut 1971

Teknologi Pendidikan merupakan studi sistematik mengenai cara bagaimana tujuan pendidikan dapat dicapai.

  • Definisi AECT 1972

Teknologi pendidikan adalah satu bidang/disiplin dalam memfasilitasi belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, pengeorgnasiasian dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar dan melalui pengelolaan keseluruhan proses tersebut.

  • Definisi AECT 1977

Teknologi pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana, dan organisasi untuk menganalisis masalah, merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar pada manusia.

  • Definisi AECT 1994

Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi  tentang proses dan sumber untuk belajar. Definisi ini menegaskan adanya lima domain (kawasan) teknologi pembelajaran, yaitu kawasan desain, kawasan pengembangan, kawasan pemanfaatan, kawasan pengelolaan, dan kawasan penilaian baik untuk proses maupun sumber belajar.

  • Tom Cutchall (1999)

Teknologi pembelajaran merupakan penelitian dan aplikasi ilmu prilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem untuk melakukan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja

  • AECT (2004)

Teknologi pendidikan merupakan studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran agar efektif, efisien, dan menarik/joyfull dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan atau memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat.

Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran.

Kedua istilah ini sering kali disebutkan secara berdampingan, maupun sebagai pengganti salah satu dari kedua istilah tersebut.

Beberapa  ahli bertentangan dalam penggunaan istilah “Pendidikan” dan “Pembelajaran”, hal ini dengan alasan:

  • Istilah pembelajaran mengcangkup pengertian pendidikan formal dan situasi pelatihan .
  • Pendidikan memiliki cangkupan yang lebih luas , karena pembelajaran merupakan bagian dari pendidikan .
  • Kata pembelajaran hanya merujuk pada hal-hal yg berkaitan dengan lingkungan sekolah , sedangkan pendidikan merujuk pada lingkungan pendidikan formal maupun non formal .

Sedangkan Finn mengemukakan dalam buku catatannya pada tahun 1965 ada kelompok yang menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian selama hampir tiga puluh tahun. Istilah “Teknologi Pendidikan” lazim digunakan di Inggris dan Kanada, sedangkan “Teknologi Pembelajaran” lebih lazim digunakan di Amerika Serikat. Sejak tahun 1977 perbedaan antara kedua astilah tersebut menghilang. Kini kedua istilah tersebut dipakai untuk menjelaskan penerapan proses dan sarana (tools) teknologi dalam memecahkan permasalahan dalam belajar dan pembelajaran.

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Tugas Kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s