Komik Sebagai Media Pembelajaran

Teknologi Pendidikan merupakan kajian ilmu yang berupaya memfasilitasi seseorang agar terjadi belajar paa dirinya, untuk itu perlu adanya rekayasa dalam proses pembelajaran itu sendiri agar proses tersebut dapat berlangung efisien, efektif dan menarik, salah satu produk dari Teknologi Pendidikan adalah komik Pembelajaran.

Alhamdulillah saya bersama teman-teman TPers yang lain telah berhasil menciptakan produk Komik Pembelajaran yang menjadi tugas akhir kami di semester 2 ini.

Komik sebagai Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran. Penggunaan media yang tepat akan meningkatkan hasil belajar dan membuat proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan, dapat mengurangi kesalahpahaman dan ketidakjelasan.

Komik sebagai media berperan sebagai alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan pembelajaran. Dalam konteks ini pembelajaran menunjuk pada sebuah proses komunikasi antara pemelajar dan sumber belajar (dalam hal ini komik pembelajaran). Komunikasi belajar akan berjalan dengan maksimal jika pesan pembelajaran disampaikan secarajelas, runtut, dan menarik.

Komik Pembelajaran Sebagai Penerapan Kawasan Teknologi Pendidikan

Menjadikan komik sebagai media pembelajaran merupakan contoh penerapan Teknologi Pendidikan. Dalam hal ini termasuk ke dalam penerapan TP dari kawasan Desain dan Pengembangan, yaitu desain sumber untuk belajar dan pengembangan sumber untuk belajar.

Dalam kawasan desain, komik sebagai media pembelajaran termasuk ke dalam sub kawasan Desain Pesan,yang meliputi proses perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan. Pesan atau materi ajar yang hendak disampaikan direkayasa sehingga dapat dirancang dalam bentuk komik pembelajaran.

Sedangkan dalam kawasan pengembangan, komik sebagai media pembelajaran termasuk ke dalam sub kawasan pengembangan teknologi cetak. Dalam kawasan ini hasil desain pesan diterjemahkan ke dalam bentuk fisik, yaitu dalam bentuk teks dan visual, melalui teknologi cetak sebagai buku komik pembelajaran.

Komik pembelajaran merupakan contoh dari penerapan TP, sebab dengan adanya media komik sebagai sumber untuk belajar akan mempermudah pemelajar dalam proses pembelajaran, khususnya dalam merealisasi konsep-konsep pelajaran yang bersifat abstrak apabila disajikan dalam bentuk teori saja dan perlu adanya penyajian konkrit, seperti konsep-konsep pada ilmu sains. Dalam hal inilah komik pembelajaran berperan besar dalam menyajikan konsep-konsep abstrak tersebut ke dalam contoh yang konkrit dalam ke hidupan sehari-hari. Itulah yang menjadi inti penerapan dari teknologi pendidikan, yaitu  untuk memecahkan permasalahan dalam proses belajar, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan efektif, efisien, dan menarik.

Kesesuaian Prinsip Komik Pembelajaran dengan Prinsip-Prinsip Penerapan Teknologi Pendidikan

Dalam mendesain dan mengembangkan komik pembelajaran, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, sehingga penerapan tersebut dapat dikatakan sesuai dengan prinsip penerapan teknologi pendidikan.

Hal-hal yang menjadi prinsip dalam sub kawasan desain pesan, yaitu perhatian, persepsi, dan daya serap pemelajar, yang mengatur penjabaran bentuk fisik dari pesan agar terjadi komunikasi antara pengirim (pembuat komik pembelajaran) dan penerima (pemelajar yang membaca komik pembelajaran). Sehingga pesan yang hendak disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan tersebut, serta mempertimbangkan persepsi-persepsi yang mungkin timbul dalam benak penerima pesan.

Pada dasarnya kawasan pengembangan dapat dijelaskan dengan adanya:

  • Pesan yang didorong oleh isi

Artinya isi dari komik pembelajaran yang dikembangkan harus sesuai dengan pesan (informasi) yang hendak disampaikan. Sehingga dengan pengembangan media belajar berupa komik pembelajaran dapat mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau kompetensi tertentu.

  • Strategi pembelajaran yang didorong oleh teori

Pengembangan komik pembelajaran dalam bentuk bahan teks cverbal dan visual sangat bergantung pada teori persepsi visual, teori membaca, dan teori belajar.

  • Manifestasi fisik dari teknologi – perangkat keras, perangkat lunak dan bahan pembelajaran.

Komik pembelajaran merupakan contoh dari spsesifikasi desain pesan yang diterjemahkan  dan diproduksi dalam bentuk buku (bahan visual) melalui teknologi cetak. Pengkombinasian antara bahan visual dan bahan teks dalam pengembangan komik pembelajaran sangat membantu dalam menciptakan kegiatan belajar yang diinginkan, yaitu belajar efektif.

Secara khusus komik sebagai penerapan dari teknologi cetak mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Teks dibaca secara linier, sedangkan visual direkam menurut ruang.
  2. Memberikan komunikasi satu arah ynag bersifat pasif.
  3. Berbentuk visual yang statis.
  4. Pengembangannya bergantung pada prinsip-prinsip linguistik dan persepsi visual.
  5. Berpusat pada pemelajar.
  6. Informasi dapat diorganisasikan dan distruktur kembali oleh pemakai.

Cara Mengoptimalkan Penerapan Teknologi Pendidikan pada Komik Pembelajaran

Pesan pembelajaran yang disampaikan dalam komik pembelajaran  dapat dikatakan baik apabila memenuhi beberapa syarat, yaitu :

  1. Pesan pembelajaran harus meningkatkan motivasi pemelajar. Pemilihan isi dan gaya penyampaian pesan mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada pemelajar.
  2. Isi dan gaya penyampaian pesan juga harus merangsang pemelajar memproses apa yang dipelajari serta memberikan rangsangan belajar baru.
  3. Pesan pembelajaran yang baik akan mengaktifkan pemelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong pemelajar untuk melakukan praktik-praktik dengan benar.

Menggunakan komik sebagai media pembelajaran juga harus mempertimbangkan evaluasi dari materi yang telah disampaikan, sehingga pembelajar dapat mengetahui seberapa jauh tingkat pencapaian (pemahaman) pemelajar terhadap materi yang disampaikan melalui komik pembelajaran.

KESIMPULAN

Komik sebagai media berperan sebagai alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan pembelajaran. Dalam konteks ini pembelajaran menunjuk pada sebuah proses komunikasi antara pemelajar dan sumber belajar (dalam hal ini komik pembelajaran). Komunikasi belajar akan berjalan dengan maksimal jika pesan pembelajaran disampaikan secarajelas, runtut, dan menarik.

Menjadikan komik sebagai media pembelajaran merupakan contoh penerapan Teknologi Pendidikan. Dalam hal ini termasuk ke dalam penerapan TP dari kawasan Desain dan Pengembangan, yaitu desain sumber untuk belajar dan pengembangan sumber untuk belajar.

Untuk mengoptimalkan pemberdayaan komik sebagai media pembelajaran, maka pesan pembelajaran yang hendak disampaikan harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Pesan pembelajaran harus meningkatkan motivasi pemelajar.
  2. Isi dan gaya penyampaian pesan juga harus merangsang pemelajar memproses apa yang dipelajari serta memberikan rangsangan belajar baru.
  3. Pesan pembelajaran yang baik akan mengaktifkan pemelajar dalam memberikan umpan balik.

Selain itu harus dapat mempertimbangkan evaluasi yang sesuai dalam mengukur tingkat pemahaman emelajar terhadap materi yang dikemas dalam komik pemelajaran.

Seels, Barbara B.,dkk. Teknologi Pembelajaran.2004.Jakarta:UNJ

Prawiradilaga, Dewi S., dan Siregar, Eveline. Mozaik Teknologi Pendidikan.Jakarta:Kencana

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Tugas Kuliah. Tandai permalink.

37 Balasan ke Komik Sebagai Media Pembelajaran

  1. ridho berkata:

    terima kasih…sangat membantu…lanjutkan dan salam TEPERS…

  2. rizcafitria berkata:

    terima kasih kembali karena sudah mengunjungin blog saya🙂
    alhamdulillah jika bermanfaat .
    salam TPers .

  3. Ping balik: KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN « arjunabelajar

  4. mayasaragih berkata:

    mb…bole tw gak gmn c komik yg mb bwt?bisa dlihat g?trmakasih

    • Rizca Fitria berkata:

      sementara ini PC saya sedang direpain karena rusak, softcopy nya hanya ada di sana, nanti saya akan minta ke teman kelompok yg lain, mungkin mereka masih menyimpan softcopynya. kalo sudah saya dapatkan nanti saya upload🙂

  5. ulfiarahmi berkata:

    jadi, evaluasi pembelajran dengan komik seperti apa?
    Terdapat di dalam komik atai berupa soal tes di luar komik?

    • Rizca Fitria berkata:

      terima kasih komentarnya ulfirahmi🙂 saya sempat terfikir evaluasi yang tepat untuk komik pembelajaran seperti ini .
      Karena komik bukan sumber belajar utama , dan hanya salah satu media yang digunakan sebagai sumber belajar. Jadi saya fikir evaluasi hasil belajarnya bisa di luar soal tes di luar komik.
      Komik yangkami buat,belum termasuk evaluasi di dalamnya, mungkin ke depan ada baiknya, evaluasi disiipkan pada akhir cerita komik ini yah .

  6. Rizca Fitria berkata:

    Wah ulfi kayanya kalau kasih saran saya pun sampai saat ini masih membutuhkan saran dari orang-orang yang lebih ahli😀
    Mungkin lebih tepatnya berbagi pengalaman kali yah .

    Ulfi sebagai Tpers kita harus selalu ingat prinsip Teknologi Pendidikan itu sendiri sebelum melakukan atau membuat suatu produk harus berdasarkan analisis kebutuhan. Materi apa yang yang sesuai disajikan dalam bentuk pesan visual.
    Serta sasaran pembaca komiknya sendiri? Anak-anak SD, SMP, SMA, atau kalangan umum.

    Sudah belajar prinsip desain pesan?
    Dalam prinsip desain pesan, kalimat dan kata2 yang digunakan harus sesuai dengan karakter pembaca. Misalnya, jika sasaran pembaca adalah kalangan anak-anak SD kalimat yang digunakan harus kalimat yang sederhana. Selain itu pemilihan warna, gaya tulisan juga harus disesuaikan dengan karakteristik pembaca, misalnya untuk anak-anak SD gunakanlah warna-warna yang cerah, tokoh karakter yang unik dan lucu, serta jenis tulisan yang tidak kaku.

    Setelah melakukan analisis materi, karakteristik pembaca, dsb. Tentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai peserta didik setelah membaca komik ini.
    Oh iya dalam setiap pembuatanmedia pembelajaran, baik itu media visual, audio, ataupun audio visual kita herus mebuat story board, agar saat proses produksi lebih terarah.

    Ilmu yang saya punya sangat terbatas, karena saya juga masih belajar🙂 di sini kita sama-sama belajar dan berbagi pengalaman ya🙂

    • ulfiarahmi berkata:

      sedikit banyaknya saya sudah mempelajari hal ini, Tujuan pengembangan media komik (rencananya untuk SMP) dengan tujuan siswa aktif belajar ketimbang pembelajaran konvensional.
      Saya masih ragu apa dengan pembelajaran komik siswa bisa aktif? Kalau bisa, kira-kira bagaimana strateginya.

  7. meta berkata:

    aslmlkum, salam kenal yaa…
    skripsi saya ttg komik pembelajaran, sudah 1thn ini terbengkalai… saya merasa kesulitan utk membuatnya.. bisakah teman2 membantu saya utk membuat?

    • Rizca Fitria berkata:

      Waalaikum salam,
      salam kenal juga kak🙂
      apa yang bisa kami bantu ?
      waktu membuat komik di semester 2, kami hanya fokus pada masalah teknik pengerjaan, karena waktu itu tugas pembuatan komik diberikan pada mata kuliah desain grafis. Untuk desain pesan dsb belum begitu diperhatikan, maklum mahasiswa tahun pertama.

  8. Isna Puryanta berkata:

    Menarik, senang bila berbagi juga di http://guraru.org Salam!

  9. weLm berkata:

    Interesting.. It’s really help me. Thank you..

  10. tom berkata:

    Menarik dan inspiring…perkenalkan saya Toto Mukmin saat ini saya sedang tertarik dengan teknik pengajaran khususnya dengan media komik sebagai media pembelajaran. Basik saya sendiri adalah seni rupa & desain, saya ilustrator dan desainer…tapi belakangan ini saya pengin dan punya mimpi untuk menjadikan komik sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif di sekolah2 suatu hari nanti. Selanjutnya saya pengin membuat penelitian tentang efektivitas komik sebagai media pembelajaran di sekolah menengah pertama untuk mata pelajaran eksakta seperti matematika, fisika atau kimia dasar. Pertanyaan saya untuk Rizca adalah, di mana penelitian tersebut dilakukan (SD atau SMA ?) terus untuk pelajaran apa? bagaimana bentuk isi ceritanya, apakah dengan gaya bercerita / kisah dengan tokoh yang khusus diciptakan? bagaimana dengan gaya visualnya? apakah dengan gaya manga / komik jepang atau dengan gaya visual komik yang sengaja diciptakan? tolong dishare ke : tompuzo@yahoo.com, ini no kontak saya 081237224015. Mohon maaf jadi ngrepotin dan terima kasih banyak ya. -tom-

  11. Rizca Fitria berkata:

    @ Tom, terima kasih respon sudah saya kirim melalui email, silahkan di cek🙂

  12. Cici Amaliana berkata:

    mba rizca,, boleh tahu ga buku apa yang membahas tentang media pembelajaran dengan komik yang bisa dijadikan referensi yang didalamnya juga dibahas secara tuntas penggunaan komik sebagai media pembelajaran?. karena saat ini sy sedang menyusun skripsi dengan media pembelajaran dalam bentuk komik. mohon dishare ya jika berkenan. ini alamat email saya Amelia.cici19@yahoo.com. terimakasih🙂

  13. Tio Yoga berkata:

    mbak saya juga mahasiswa TEP, kalau ada RPP yang menggunakan media komik saya bisa minta berhubung ada tugas yang berkaitan dengan media komik. kalau memang ada bisa dikirim ke email saya ( tioyoga13@yahoo.com ). Terima kasih

    • Toto mukmin berkata:

      Wah tepat sekali dengan rencana projek saya tentang komik sebagai media pembelajaran, mohon sharing seperti apa sih komik yang sudah kalian bikin, terima kasih sebelumnya.

      ________________________________

  14. teh bener” menarik dan sekarang saya sedang membuat skripsi dengan komik sebagai media pembelajaran, teh bisa kasih tau buku” apa saja yg membahas komik sebagai media pembelajaran ?? mohon bantuannya ya teh bisa sharing lewat email atau ada nomor yg bisa dihunbngi ? sylvie.suryadi@yahoo.com

  15. Berta Fakhrian berkata:

    mantap ….salam saya tp bandung🙂

  16. Hepriansyah berkata:

    asslmualaikum… bagimana kalu media komik digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia? dan media ini ingin saya terapkan pada aspek keterampilan berbahasa yakni keterampilan menulis.

    • Rizca Fitria berkata:

      Waalaikumsalam, menurut saya jika tujuan pembelajarannya untuk menguasai suatu keterampilan baiknya praktek. Karena komik-komik pembelajaran yg saya temui biasanya menekankan pada aspek pengetahuan saja.

  17. MelFin berkata:

    Salam kenal kakak…🙂
    Akhirnya ketemu juga nih.. dari semester 4 udah pengen buat komik pembelajaran tapi kagak bisa.. masih belum punya bayangan bagaimana komik pembelajaran itu??? bisa share gak contoh komik pemebelajarannya kakak?? aq jg masih bngung gimana bikin genre untuk komik pembelajarannya itu sendiri…?? email: narutouzu34k1@gmail.com

    Makasih sebelumnya..

  18. afina berkata:

    kakak, salam kenal.. bs minta tlong gak kirim contoh buat komiknya kyak gmn,, cz aq gi pngen banget bs bikin komik buat media pembelajaran..

    nih alamat email q.. narutouzu34k1@gmail.com

  19. Rulis berkata:

    maaf kaka aku boleh minta komiknya ga kayak gimana untuk penelitian kuantitatif😀

  20. Syayful Muhammad berkata:

    Asslamu’alaikum.wr.wb.

    Teh Rizca, saya Syayful Muhammad dari TekPend UPI bandung.. Salam kenal

    izin minta contoh komik yang kelompoknya buat ya..🙂
    Untuk referensi

    dan izin menggunakan “komik-sebagai-media-pembelajaran” di atas sebagai salah satu sumber..🙂

    Nuhun

  21. ryan odp berkata:

    assalamualaikum
    salam kenal Rizca Fitria. aku mhs pend. matematika dari salah satu universitas di Riau. aku tertarik dengan posting-an kamu tentang komik sebagai media pembelajaran. kebetulan skripsi aku tentang komik matematika. aku mau tanya, ada gak buku-buku tentang komik sebagai media pembelajaran ? kemudian, bisa gak aku lihat contoh komik pembelajarannya seperti apa? mohon bantuannya ya. kalo bisa sharing lewat email ryanodp@yahoo.co.id
    thanks

  22. Icha berkata:

    assalamualaikum ka
    aku Lisa dari Universitas Muhammdiyah tangerang
    aku lg nyusun skripsi ni sist bertemakan tentang pembelajaran media komik. bisa dibantu komik yang udah kamu buat berceritakan apa??bisa dikirim? ke Aprilian.icha@gmail.com ditunggu yah konfirmasinya

  23. Icha berkata:

    sist aku masih menunggu balasan kamu yanhh,🙂 karena sangat penting terimakasih

  24. Nia Agustina berkata:

    kaka, salam kenal yaa. kaka aku boleh tanya gak? ada tidak buku sumber yang membahas tentang komiknya itu sendiri ?? terimakasih ka🙂

  25. Nia Agustina berkata:

    kaka punten kalo boleh saya pengen lihat isi bukunya, kirim e-mail ya ka. nih e-mai saya nia.agustina95@yahoo.com. makasih ka hehe🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s