RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Setiap Kegiatan harus direncanakan dengan matang, agar berjalan sesuai dengan tujuan, termasuk kegiatan pembelajaran, sebelum kegaiatan pembelajaran berlangsung harus ada perencanaan yang jelas. Sehingga alur kegaiatan pembelajaran menjadi terarah. Melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau biasa disebut RPP inilah seorang pemelajar baik guru, dosen, tutor, dsb. Merancang rencana pembelajaran secara tertulis, yang kelak menjadi pendoman untuknya ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.
Namun, belakangan ini RPP bagi sebagian pendidik dianggap hanya sebatas pelengkap administrasi dalam kegiatan pembelajaran yang tidak memiliki esensi yang tinggi. Sehingga tak jarang RPP yang digunakan guru A, sama dengan RPP yang digunakan dengan guru B. Padahal seharusnya RPP dirancang sesuai dengan analisis kebutuhan siswa.

Sebenarnya RPP yang baik itu berisi apa saja?

RPP berisi rancangan:

1. Standar kompetensi yang menjadi syarat awal yang harus dimiliki pebelajar (siswa).
2. Kompetensi Dasar, merupakan kompetensi yang akan dicapai siswa setelah mereka mengikuti pembelajaran materi tertentu.
3. Indikator, merupakan kompetensi khusus yang akan dimiliki siswa etelah mereka mengikuti pembelajaran materi tertentu. Indikator juga berfungsi sebagai acuan dalam evaluasi hasil belajar.
4. Tujuan pembelajaran, merupakan tujuan yang hendak dicapai dalam kegaiatan pembelaran pada materi (pokok bahasan) tertentu. Tujuan merupakan toloak ukur dari keberhasilan suatu kegaiatn pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dapat dikatan berhasil apabila tujuan pembelajaran tersebut dicapai secara efektif dan efisien.
5. Materi ajar, berisi sub pokok bahasan yang akan dipelajari siswa.
6. Kegiatan Pembelajaran, terdiri dari kegaiatn pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Estimasi waktu dalam masing-masing kegiatan pembelajaran harus direncanakan dengan jelas.
7. Metode, Media, dan Sumber Belajar yang akan digunakan juga harus direncanakan dengan jelas.
8. Penilaian hasil belajar, yang akan digunakan, mulai dari pemilihan alat evaluasi, Aspek yang akan dievaluasi (kognitif, afektif atau psikomotorik),.

Sebagai contoh saya melampirkan RPP yang saya buat sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Pengelolaan Kelas, menurut dosen saya RPP ini sudah memenuhi standar. silahkan klik –>
RPP Bangun Ruang Untuk SD kelas 3

Semoga menginspirasi yah, dan membuka wawasan bagi para pendidik yang masih bingung dalam membuat RPP🙂

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Tugas Kuliah dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s