Jalan-jalan ke Perpustakaan Nasional

Observasi, observasi dan observasi.
Semester 5 dipenuhi kegiatan turun lapangan. Dan salah satu tempat yang saya kunjungi adalah Perpustakaan Nasional yang terletak di Jalan Salemba 28 Jakarta Pusat. Kegiatan observasi ini dilakukan dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Pengelolaan Perpustakaan.
Ketika sampai di Pernas (sebutan untuk Perpustakaan Nasional) kami (saya, @helenagullo, dan @rahmadintiakd) disambut hangat oleh salah satu pustakawan yang bertanggung jawab di bidang layanan informasi dan konsultasi. Beliau adalah Ibu Martini.Banyak informasi yang kami dapatkan di tempat ini, terutama informasi seputar pengelolaan Pernas.
Usai sharing dengan beliau, kami memutuskan untuk menyelusuri Pernas hingga ke seluruh penjuru. Melihat berbagai koleksi yang disediakan. Sangat banyak jumlah dan jenisnya. Dari majalah, koran, buku populer, hingga buku-buku langka tersedia.
Untuk memanfaatkan koleksi tertentu kita harus melakukan registrasi anggota Pernas terlebih dahulu, caranya mudah, dan tidak memakan waktu yang lama.

Persyaratan Menjadi Anggota
1)Siswa (minimal SLTA), mahasiswa, dan umum. Warga Negara Indonesia (WNI/WNA), berdomisili di dalam maupun luar negeri.
2)Mengisi formulir permohonan yang telah disediakan di ruang keanggotaan Lt. I C Perpustakaan Nasional RI Jl. Salemba Raya No. 28 A Jakarta
3)Menunjukkan tanda pengenal asli dan masih berlaku :
•Umum : Kartu Tanda Penduduk
•Mahasiswa : Kartu Mahasiswa
•Pelajar : Kartu
4)Mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi.
5)Kartu anggota dapat pula digunakan untuk Layanan Terbuka Perpustakaan Nasional RI Jl. Merdeka Selatan No. 11, kecuali bagi yang berdomisili di luar Jabotabek.
6)Masa berlaku kartu anggota Perpustakaan Nasional RI : 5 tahun.

Prosedur Pembuatan Kartu Anggota
1)Pembuatan kartu anggota dilakukan sendiri ke Perpustakaan Nasional RI.
2)Pengisian formulir dan pendaftaran keanggotaan.
3)Pengambilan foto anggota di tempat pendaftaran.
4)Pemrosesan kartu anggota dapat ditunggu (langsung jadi).
5)Perpanjangan masa berlaku Kartu Anggota Lama, sama seperti proses pembuatan Kartu Anggota Baru, dengan cara menyerahkan Kartu Anggota Lama.

Faslitas yang cukup beragam, mulai dari ruang baca, hingga hotspot area. Cocok banget untuk tempat belajar, sebab di sini kita dapat menyelusuri berbagai informasi dari berbagai jenis sumber, dan tempatnya cukup nyaman.
Ayo manfaatkan fasilitas yang disediakan pemerintah untuk kita sebaik mungkin, kalau bukan kita yang memanfaatkan siapa lagi?
Tapi ingat manfaatkan secara bijak dan bertanggung jawab ya, jangan sampai merusak fasilitas yang telah disediakan, karena fasilitas umum adalah milik bersama, termasuk koleksi pustaka yang tersedia di Pernas.
Selamat berkunjung🙂

Untuk informasi mengenai Pengelolaan Perpustakaan Nasional, silahkan download –> LAPORAN OBSERVASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Ibu Kota, Tugas Kuliah dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s