Liburan Hemat di Kota Pelajar

WISATA JOGJA-WONOGIRI [2]

Mau liburan, tapi pusing tak punya banyak uang? Liburan di situ-situ aja membosankan. Saya punya solusinya. Sedikit tips and trick untuk para backpacker mania, LIBURAN HEMAT, yang penting bisa merefresh fikiran kita.
Di tengah kesibukan dan rutinitas yang padat, rasanya kita membutuhkan sesuatu yang dapat me-refresh fikiran kita. Salah satunya dengan berlibur di dalam atau luar kota.
Minggu lalu saya bersama teman-teman dari Teknologi Pendidikan UNJ 2009 memilih Jogja sebagai Kota yang akan kami kunjungi.
Bermodal pas-pasan kami mengatur berbagai strategi agar dapat berlibur secara hemat😛 maklum kantong mahasiswa tak setebal kantong pengusaha😀

backpacker mania


Berikut tips and trik untuk berlibur di kota pelajar secara hemat😀
1. Manfaatkan transportasi umum yang minim fasilitas, seperti kereta api ekonomi. Cukup mengocek kantong Rp 70.000 untuk membeli tiket PP (pulang pergi) Jakarta-Jogja-Jakarta. Saran saya, pesalah tiket untuk PP, karena tiket untuk kembali ke Jakarta sangat sulit didapatkan, apalagi musim liburan.
2. Jika punya sanak saudara/kenalan di sana, maka Anda tak perlu pusing masalah biaya penginapan. Namun, bagi yang tidak di Jogja banyak penginapan murah dan terjangkau. Salah satunya penginapan Backpacker yang terletak di km 0 . Menurut hasil survey penginapan untuk 4 orang dalam semalam memakan biaya sekitar Rp 135.000. Cukup murahkan?! sekitar 35rb per orang untuk semalam. Atau bisa mencari yang lebih murah lagi, tapi dengan fasilitas yang minim lho.
3. Biaya makan? Jangan khawatir di kota ini di setiap sudut jalan terdapat angkringan, bisa makan puas dengan harga murah. Nasi kucing berkisar Rp 1.000 – Rp 2.000 perbungkus. Untuk menu sekali makan cukup dengan uang Rp 5.000- RP 10.000.
4. Satu permasalahan yang kami alami selama liburan di kota ini, minimnya transportasi angkutan umum. Hanya ada bus (seperti metromini di Jakarta) dan transJogja. Namun, jam operasinya tidak sampai malam. Jika malam telah tiba, yang tersisa hanya becak, andong, dan taksi.
Bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan?
Biaya yang dikeluarkan untuk sekali perjalanan dengan menumpangi bus Rp 2.500, lebih murah di Jakarta yah? Di Jakarta hanya Rp 2.000 sekali jalan.
Biaya yang dikeluarkan untuk sekali perjalanan dengan menumpangi TransJogja Rp 3.000.
Liburan tidak harus memakan biaya yang tinggi, asalkan kita mampu mengelolanya dengan tepat. Mau liburan? Pusing tak punya uang? Ayoo berlibur ala backpacker🙂

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Travelling dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s