Pesona yang Tersembunyi di Bumi Wonogiri

WISATA JOGJA-WONOGIRI [4]

Pesona Wonogiri, photo by Devi Noviyanti

Wonogiri? Ada apa di sana? Saya sendiri baru mengenal kota ini dari Sinetron yang sempat menjadi tayangan favorit pemirsa salah satu stasiun televisi – Cinta Fitri. Waktu perjalanan yang saya tempuh dari Jogja hingga Wnogiri dengan menumpangi mobil sekitar 90 menit. Kira-kira jaraknya dari Jakarta sampai Bogor. Dengan track jalan bergelombang, naik-turun bukit. Akhirnya saya dan rombongan tiba di kediaman salah satu rombangan kami di Wonogiri.
Beruntung teman saya memiliki kerabat yang menjadi duta wisata di sana. Seharian penuh kami di ajak berkeliling wonogiri, menikmati keindahan alam yang belum banyak diekspos oleh wisatawan lain.
Tempat yang pertama kami kunjungi adalah Museum Karst, pembangunan museum ini baru sekitar 70%. Di sekitar museum ada Pura, Masjid, dan beberapa goa. Menurut warga sekitar, di sekitar museum juga akan dibangun gereja, dan tempat ibadah lainnya. Namun, belum diketahui waktu pembangunannya.
Di kompleks museum karst ini tersimpan berjuta pengetahuan, sayang sekali belum banyak wisatawan yang bekunjung ke tempat ini. Saya sempat berkunjuung ketiga goa yang terdapat di sana. Mengingat waktu sudah sore, jadi kami memutuskan untuk kembali ke rumah kerabat kami.
Menjelang senja tiba, kami memutuskan untuk berangkat ke pantai Sembukan. Perjalanan yang kami tempuh cukup jauh, mengelilingi pengunungan. Memakan waktu sekitar 45 menit dengan mengendarai sepeda motor. Jalanan yang tidak rata, banyak aspal yang berlubang, menyebabkan salah satu sepeda motor yang kami tumpangi harus mengalami kebocoran ban. Cukup sulit mencari tambal ban, beruntung tak jauh dari TKP kami menemukan tambal ban. Ternyata ban dalam tersebut mengalami kebocoran yang cukup parah, menurut kami sendiri harusnya diganti dengan ban dalam yang baru. Namun,si penambal ban meyakinkan jika ia sanggup menambal kebocoran tersebut. Membuat saya kagum akan kejujuran warga desa, jauh dibanding warga kota.
Pesona Wonogiri tidak hanya terletak pada alamnya saja, namun juga keramahan dan kejujuran warga pribumi yang menjadikan Wonogiri semakin memesona.
Suatu saat nanti kami akan kembali, meneruskan penjelajahan kami di bumi wonogiri.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Travelling dan tag , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Pesona yang Tersembunyi di Bumi Wonogiri

  1. ari berkata:

    museum kart tadi letaknya di mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s