Teknologi Pendidikan di sini dan di sana

Belajar itu ga harus dari buku, atau dari ceramah dosen, ngobrol dengan teman sejawat juga dapat dikatakan sebagai proses belajar, asalkan bahan obrolan yang dibicarakan memberikan manfaat.
Sewaktu berkunjung ke Jurusan Teknologi Pendidikan UNY, sempat ngobrol singkat tentang ilmu keTP-an yang berkembang di sana, ternyata ada beberapa perbedaan dengan ilmu keTP-an yang berkembang jurusan Teknologi Pendidikan UNJ.

Mengapa ada perbedaan?

Segala hal, apapun itu, pasti memiliki ciri khas masing-masing, yang membuat suatu hal itu menjadi unik. Begitu juga halnya dengan perkembangan kajian ilmu ke-TP-an di jurusan Teknologi Pendidikan pada setiap Universitas. Masing-masing punya keunikkan tersendiri.
TP adalah ilmu terapan, yang terus berkembang. Kemajuan teknologi telah memberikan inovasi terhadap kajian Ilmu Teknologi Pendidikan. Inovasi yang beragam, menyebabkan timbulnya perbedaan. Tapi dasarnya sama, mengapa? Sebab kami, para teknolog pendidikan memiliki syahadat yang menjadi dasar pemikiran kami, yaitu definisi Teknologi Pendidikan dari AECT ( Association for Educational Communications and Technology).
Perbedaan yang paling menonjol adalah konsentrasi yang dikembangkan oleh setiap jurusan Teknologi Pendidikan pada setiap Universitas. Teknologi Pendidikan di UNJ sendiri mengembangkan 3 konsentrasi, yaitu Pengelola Pembelajaran, Pengembang Media, dan Teknologi Kinerja Manusia. Sedangkan menurut informasi yang saya dapatkan dari rekan Tpers UNY, Teknologi Pendidikan di sana hanya mengembangkan 2 konsentrasi, yakni Teknologi Informasi (IT) dan Media.
Yang saya tahu, konsentrasi Teknologi Kinerja merupakan keunikkan dari TP UNJ, menjadi yang pengkaji dan pengembang pertama konsentrasi teknologi kinerja manusia di Jurusan TP, khususnya di Indonesia.
Setalah mencari informasi dari berbagai sumber, ternyata perbedaan ini terjadi karena konsentrasi TP yang dikembangkan setiap PT disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing, dimana PT itu berdiri.
Walau terdapat perbedaan, namun tetap saja pada intinya sama. Sebab teknologi pendidikan hadir untuk mengentaskan permasalahan yang terjadi dalam proses belajar. Jadi tak perlu mempermasalahkan perbedaan, biarkan perbedaan menjadi kekayaan bagi kajian ilmu teknologi pendidikan itu sendiri. Saling melengkapi mungkin itu yang terbaik.

Salam Tpers🙂

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Tentang Teknologi Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s