Klasifikasi Penelitian (Skripsi) Konsentrasi Pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan UNJ

Ditulis oleh: Nisa Ardini, Rizca Fitriawati Hidayat, Yudi Tri Nugraha – Mahasiswa Teknologi Pendidikan UNJ 2009

PENDAHULUAN
Penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pengujian yang dilakukan secara teliti, dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Penelitian dalam bidang pendidikan, masuk ke dalam kelompok penelitian pascapositivistik, karena penelitian dalam pendidikan tidak mengarah pada teori-teori eksakta (penelitian positivistik), namun ke ilmu-ilmu sosial. Positivistik dan Pascapositivistik adalah pengelompokan penelitian menurut paradigmanya. Masih banyak pengelompokan penelitian lainnya seperti, berdasarkan metode penelitian, pendekatan, jenis data, tujuan, dan bidang ilmu serta tempat dilakukannya penelitian.

Penelitian di bidang pendidikan dalam lingkup perguruan tinggi seperti skripsi, khususnya di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, diwarnai oleh banyaknya jenis penelitian. Penelitian pendidikan saja sudah dikelompokan ke dalam jenis penelitian pascaposotivistik, lalu dari penelitian pascapositivistik tersebut, mahasiswa calon sarjana pendidikan membuat skripsi dengan berbagai macam jenisnya lagi, seperti yang telah disebutkan diatas.

Teknologi pendidikan merupakan salah satu jurusan dengan pembagian tiga konsentrasi yaitu konsentrasi teknologi kinerja, pengelolaan pembelajaran, dan pengembangan media pembelajaran. Dari ketiga konsentrasi ini telah banyak dihasilkan penelitian dalam bentuk skripsi. Diatas telah diuraikan bahwa penelitian ada banyak jenisnya. Penelitian di tiga konsentrasi ini kebanyakan meliputi penelitian pengembangan produk, deskripsi, evaluasi, dan ada pula yang mencoba melakukan penelitian tindakan kelas. Jika minimal ada tiga jenis penelitian dalam tiga konsentrasi tersebut, maka setidaknya akan ada dua belas macam skripsi dari ketiga konsentrasi. Apalagi, masing-masing objek penelitian tentu saja berbeda-beda, sehingga penelitian yang ada di jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan semakin beragam.

Namun, agar penelitian yang sudah pernah dilakukan, tidak dilakukan lagi, maka kita perlu tahu jenis penelitian apa saja yang telah ada di jurusan teknologi pendidikan. Sehingga, dalam menyusun penelitian (skripsi) nanti kita akan dapat semakin mengeksplor, hal-hal apa saja yang belum dijadikan bahan penelitian, dan untuk memperkaya pengetahuan mengenai ilmu teknologi pendidikan.

Agar tujuan diatas tercapai, maka penulis melakukan survey mengenai jenis penelitian apa saja yang ada di jurusan teknologi pendidikan khususnya penelitian seputar konsentrasi pengelolaan pembelajaran. Fokus masalah survey adalah jenis penelitian apa saja yang ada di jurusan kurikulum dan teknologi pendidikkan khususnya pada konsentrasi pengelolaan pembelajaran?

Survey ini penulis lakukan untuk mengetahui penelitian apa yang sering ditulis dan penelitian apa yang paling jarang ditulis oleh para alumni, agar sebagai calon penulis skripsi, kami dapat lebih mengeksplor pengetahuan yang telah kami dapat dengan menulis penelitian yang belum pernah ditulis sebelumnya. Selain itu, untuk mencegah timbulnya plagiarisme kepada calon-calon skripsi berikutnya.

Survey, penulis lakukan dengan mendata skripsi-skripsi 5 tahun terakhir konsentrasi pembelajaran yang tersimpan dalam perpustakaan jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan. Setelah didata, penulis mengolah data yang masih mentah tersebut dan menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan disajikan hasil pengolahan data jenis skripsi yang telah ditulis oleh alumni jurusan Kurikulum dan teknologi Pendidikan.

HASIL

Berdasarkan studi kepustakaan di perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan, kami mengkaji 12 buah skripsi yang berfokus pada konsentrasi pembelajaran jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang terbit sejak lima tahun terakhir, yaitu tahun 2007-2012. Kami melakukan klasifikasi jenis penelitian terhadap kedua belas skripsi tersebut berdasarkan paradigma, tujuan, metode, dan tempat penelitian. Berikut kami sajikan data yang kami peroleh.

Gambar 1
Klasifikasi Jenis Penelitian Berdasarkan Paradigma


Gambar 1: Berdasarkan tabel dan diagram di atas, dari 12 skripsi yang kami klasifikasikan berdasarkan paradigmanya terdapat 8 buah skripsi yang termasuk ke dalam penelitian kualitatif dan sisanya sebanyak 4 buah skripsi termasuk ke dalam penelitian kuantitif.

Gambar 2
Klasifikasi Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan


Gambar 2: Tabel dan diagram di atas menunjukkan perbandingan jumlah skripsi berdasarkan tujuan penelitian. Terdapat 10 buah skripsi yang termasuk ke dalam penelitian deskriptif dan 2 buah skripsi termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Sedangkan untuk penelitian verifikatif, eksploratif, dan kebijakan tidak ditemukan dari 12 buah skripsi yang kami kaji.

Gambar 3
Klasifikasi Jenis Penelitian Berdasarkan Metode


Gambar 3: Hasil data yang ditujukkan oleh tabel dan diagram di atas menyatakan jumlah skripsi berdasarkan metode penelitian. Terdapat 7 buah skripsi yang termasuk dalam penelitian survey, 3 buah skripsi yang termasuk dalam penelitian action research, dan 2 buah skripsi yang termasuk dalam penelitian evaluasi. Sedangkan untuk penelitian ex post facto dan eksperimen tidak ditemukan dari 12 buah skripsi yang kami kaji.

Gambar 4
Klasifikasi Jenis Penelitian Berdasarkan Tempat


Gambar 4: Tabel dan diagram di atas menggambarkan hasil klasifikasi berdasarkan tempat penelitian. Didapat 11 buah skripsi yang termasuk penelitian lapangan dan sebuah skripsi yang termasuk penelitian kepustakaan, serta tidak ditemukan skripsi yang termasuk dalam jenis penelitian laboratorium dari 12 skripsi yang kami kaji.

PEMBAHASAN

Penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ terhadap beberapa skripsi yang merupakan hasil karya mahasiswa konsentrasi Pembelajaran di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Dari data yang telah kami paparkan di atas, kami dapat memberi gambaran tentang kecenderungan jenis penelitian yang diangkat dalam skripsi lima tahun terakhir (2007-2012). Kami mengkategorisasikan jenis berdasarkan paradigma, tujuan, metode, serta tempat penelitian tersebut berlangsung.

Berdasarkan paradigma penelitian, kecenderungan jenis penelitian yang diangkat adalah penelitian kualitatif, yaitu sebanyak 67%. Hal ini disebabkan penelitian yang dilakukan cenderung bertujuan untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti bertindak sebagai instrumen kunci untuk memperoleh data dan juga menganalisisnya dan kemudian membuat kesimpulan yang menekankan makna dari pada generalisasi. Seperti penelitian yang mengambarkan kondisi pemanfaatan sumber belajar, kondisi penerapan suatu metode/strategi pembelajaran, dsb.

Sementara itu sebanyak 33% dari jumlah skripsi yang kami kaji teridentifikasi menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pengolahan data hasil penelitian yang mereka peroleh. Penelitian kuantitatif banyak dilakukan pada penilaian tingkat prestasi belajar serta penelinaian kualitas salah satu komponen pembelajaran.

Dari sisi tujuan penelitian, kami mengindentifikasi kecenderungan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa pembelajaran TP adalah untuk memberi gambaran mengenai suatu kondisi atau gejala secara jelas dan sistematis. Jenis penelitian yang mereka angkat adalah penelitian deskriptif, yaitu sebanyak 83%.

Sementara itu terdapat 17% penelitian yang ditujukan untuk mengembangkan suatu produk pembelajaran. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Rasanya penelitian pengembangan pada konsentrasi pembelajaran masih sangat langka jika dibandingkan dengan penelitian pada konsentrasi media yang cenderung pada pengembangan produk.

Hasil klasifikasi jenis penelitian berdasarkan metode menggambarkan kecenderungan metode yang digunakan oleh mahasiswa konsentrasi pembelajaran di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNJ adalah metode survey. Dalam penelitian survey peneliti hanya mengambil data yang sudah ada di lapangan. Hal ini dibuktikan dengan 58% dari 12 skripsi yang kami kaji menggunakan metode survey dalam penelitiannya.

Sementara itu teridentifikasi 25% skripsi menggunakan metode action research, dimana peneliti memberikan suatu tindakan baru kepada objek penelitian yang dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh sebab action research ini dilakukan di dalam kelas, maka metode penelitian ini lebih dikenal dengan sebutan classroom action research atau PTK (penelitian tindakan kelas). Di sini peniliti tidak secara langsung memberikan tindakan kepada siswa, tetapi dengan memberi masukan melalui pembuatan perencanaan tindakan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru. Sehingga guru juga menjadi objek penelitian.

Sisanya sebanyak 17% terindentifikasi menggunakan metode evaluasi. Biasanya metode evaluasi digunakan oleh mahasiswa pembelajaran TP dalam memberikan penilian kualitas pada salah satu komponen pembelajaran, seperti bahan ajar dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Terakhir kami mengidentifikasi jenis penelitian berdasarkan tempat penelitian berlangsung. Hasil data di atas menggambarkan bahwa kecenderungan penelitian dilakukan di lapangan yaitu sekolah. Sebanyak 91,67 % skripsi dikategorikan ke dalam penelitian lapangan. Fokus penelitian di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan adalah segala hal yang berkaitan dengan belajar, kegiatan ini biasanya terjadi di lembaga-lembaga pendidikan, baik formal maupun informal. Sehingga kecenderungan penelitian dilakukan di lapangan.

Sementara itu dari 12 skripsi yang kami kaji, kami menemukan satu buah skripsi yang penelitiannya dilakukan di perpustakaan.

Kecenderungan penelitian yang dilakukan lima tahun terakhir menggambarkan kurangnya variasi dalam melakukan penelitian. Sehingga banyak ditemukan kemiripan dari penelitian-penelitian yang dilakukan, walaupun hasil dari penelitian tersebut tidaklah sama, sebab objek penelitiannya pun berbeda.

Untuk itu untuk penelitian-penelitian berikutnya harus lebih bervariasi, jenis penelitian itu beragam, jika dipandang dari paradigmanya, tujuan, metode, serta tempat berlangsungnya penelitian tersebut. Mahasiswa peminat konsentrasi pembelajaran bisa melakukan penelitian dengan berbagai metode, tidak hanya survey saja, misalnya dengan eksperimen, eks post facto, dan lain sebagainya. Sehingga lima tahun ke depan jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dapat menerbitkan skripsi mahasiswa dengan jenis penelitian yang beragam. Terutama pada metode dan tujuan penelitian yang dilakukan.

PENUTUP
Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan diatas adalah masih kurang beragamnya penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan konsentrasi pengelolaan pembelajaran. Walaupun objek dari penelitian tersebut berbeda, namun inti dari penelitian tetaplah sejenis. Rata-rata skripsi yang kami lihat metode, tujuan, dan hasilnya tidak akan jauh dari jenis penelitian kualitatif, tempat penelitian di sekolah, dan hasil penelitian deskriptif. Sebetulnya, mahasiswa bisa saja untuk keluar dari batas “aman” yaitu dengan membuat jenis penelitian skripsi yang berbeda dari yang biasa dilakukan, namun hal tersebut cenderung memakan waktu yang lebih lama, dan akan mengundur waktu kelulusan.

Saran peneliti adalah mahasiswa harus mengeksplor pengetahuan mengenai kawasan teknologi pendidikan yang sebenarnya sangat luas. Sehingga, dalam melakukan penelitian, mahasiswa tidak menyusun penelitian yang itu-itu lagi. Selain itu, mahasiswa harus meningkatkan kreatifitas, agar penelitian di jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan lebih bervariasi, dan semakin kaya akan pengetahuan.

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Tugas Kuliah dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Klasifikasi Penelitian (Skripsi) Konsentrasi Pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan UNJ

  1. Hanoen N. berkata:

    assalamualaikum..
    mbak,, saya ingin sharig tentang penelitian yang anda lakukan tentang klaisfikasi skripsi ini. izin untuk saya jadikan penelitian relevan di skripsi saya nanti. saya tunggu balasannya ya mbak risca… sukron🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s