Jalan-jalan ke [Kantor Kedutaan] Belanda

Dua pekan yang lalu berkesempatan mengunjungi Kantor Kedutaan Belanda di Indonesia, yang berlokasi di daerah Kuningan. Maksud dan tujuannya adalah melakukan observasi untuk mendapatkan data seputar pengelolaan Pusat Bahasa Belanda, yang bernama Erasmus Taalcentrum.

Narasumber yang kami temui adalah Ibu Yana dari bagian Depdik, ditemani oleh dua rekannya yaitu Ibu Eni dan Ibu Peni. Sekitar 30 menit kami berbincang bersama. Setelah mendapatkan informasi yang kami butuhkan, kami dipersilahkan untuk menyelusuri setiap sudut ruang belajar yang ada di sana. Ruang kelas yang tidak begitu besar namun cukup kondusif untuk belajar. Penataan kursi yang tidak sama dengan kelas konvensional, kursi ditata dengan model U, menurut saya membuat kegiatan belajar dan diskusi semakin efektif. Di sana juga terdapat ruang multimedia yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa.

Sempat juga sedikit berbincang dengan salah satu tutor yang berasal dari Belanda. Hebatnya ia menyapa kami dengan bahasa Indonesia. Ya, walaupun dengan aksen yang sedikit asing di telinga. Menurut informasi yang kami dapatkan, Erasmus Taalcentrum selalu mendatangkan pengajar dari Belanda, dalam kurun waktu 1 tahun ada dua periode. Dalam satu periode tenaga pengajar yang didatangkan langsung dari Belanda menetap di Indonesia selama 10 minggu,dan akan datang kembali pada periode selanjutnya.

Semoga saya bisa berjumpa dengannya lagi, namun di tempat yang berbeda yaitu di negara asalnya🙂 Belanda.

Eropa, sometime i’ll be there.

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Ibu Kota. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jalan-jalan ke [Kantor Kedutaan] Belanda

  1. Dalila berkata:

    yes, if you think you can, then you can (Insya Allah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s