Wisata Budaya: Gamelan

Pengrawit Puspito Laras


Jogja lagi, wonogiri lagi.
Yap, tahun ini full memories of Jogja and Wonogiri. Tapi tunggu dulu, tema perjalanan kali ini berbeda dengan perjalanan sebelumnya. Kali ini saya dan teman-teman mengangkat tema wisata budaya. Tujuan utama kami kali ini adalah mengunjungi salah satu kelompok karawitan yang ada di wonogiri, yang bernama Puspito Laras.

Kedatangan kami disambut dengan begitu hangat. Mereka sangat ramah. Kelompok Puspito Laras ini terdiri dari beberapa orang yang rata-rata berusia paruh baya. Cukup disayangkan karena belum ada generasi penerus dari golongan pemuda yang tertarik untuk meneruskan budaya ini.

Di sana kami berkesempatan untuk menyaksikan langsung para pengrawit berlatih. Mereka terlihat begitu mahir memainkan instrumen musik masing-masing. Kami semua begitu menikmati alunan musik yang mereka ciptakan, hingga malam pun semakin larut.

Setelah sesi latihan selesai, kami diberi kesempatan untuk mecoba memainkan salah satu alat musik. Ternyata tak semudah yang kami bayangkan, cukup sulit, dan benar-benar menguji kesabaran. #imho itulah yang menjadi jawaban mengapa rata-rata orang jawa begitu sabar, karena budaya jawa memang selalu mengangkat nilai-nilai kesabaran🙂

Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya saya berhasil memainkan satu buah lagu, yaitu Sue Ora Jamu dengan alunan melodi yang cukup kacau. Stelah itu kami memutuskan untuk kembali, sebab hari sudah semakin larut dan kantuk pun mulai menyerang.

Pengalaman yang begitu menyenangkan dan unik🙂
Wisata budaya kali ini cukup menyadarkan saya, bahwa kebudayaan Indonesia amat indah. Semoga genarasi muda tertarik untuk melestrasikan budaya Indonesia.

WE LOVE INDONESIA CULTURE.

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Travelling. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s