Jembatan Penyebrangan

Pulang-pergi ke tempat PPL dengan menumpangi jasa transportasi umum memberikan banyak inspirasišŸ˜€
Nah, ini salah satunya.

Ini adalah foto jembatan penyebrangan shelter TJ Rawa Buaya-Cengkareng Jakarta Barat. Jembatan penyebrangan ini belum lama dibangun, kira-kira baru sekitar dua tahun yang lalu. Jembatan ini didedikasikan untuk keselamatan para pejalan kaki. Tapi sayang, keberadaan jembatan penyebrangan ini kurang ‘eksis’. Pasalnya warga sudah terbiasa menyebrang dengan zebracross yang letaknya tidak jauh dari jembatan ini. Memang jarak antara perempatan jalan dengan letak tangga penyebrangan cukup jauh, mungkin ini salah satu faktor yang membuat masyarakat enggan menggunakan fasilitas jembatan penyebarangan.

Padahal sejak dibangun jemabatan penyebarangan, zebracross yang dulu difasilitaskan sebagai jalur penyebrangan bagi para pejalan kaki sudah ditiadakan. Namun, tetap saja mayoritas para pejalan kaki melalui jalur tsb untuk menyebrang. Termasuk saya sendiri yang terkadang lebih memilih untuk menyebrang di jalur yang bukan lagi menjadi hak bagi saya selaku pejalan kaki. Bukan karena alasan malas atau cape, tapi alasan saya cukup simple, masalah keamanan. Jika sudah memasuki waktu magrib, jembatan ini cukup gelap dan sepi. Terkadang ada pria asing yang duduk-duduk ditangga. Membuat saya kurang nyaman dan merasa was-was. *alasan tetap saja alasan* -,-”
Padahal kalau dipikir-pikir saya bisa menunggu penyebarang lain, jadi saya tidak sendirian saat melalui jembatan penyebrangan ini.

Setelah direnungkan, ini bukan masalah efisiensi waktu, keselamatan atau hal lainnya. Tapi ini masalah HAK. HAK bagi pengguna jalan. Tiap pengguna jalan, entah ia pengendara kendaraan bermotor, kedaraan sederhana, maupun pejalan kaki memiliki haknya masing-masing. Jangan sampai kita menyerobot hak orang lain demi kepentingan sendiri.

Yuk, sama-sama saling memperbaiki diri :’)

Tentang Rizca Fitria

I'm a student of Educatinal Technology , The State Universty of Jakarta | i was born in Jakarta , January 29th 1991 | The Creator , Owner , and tutor of Gubuk Belajar | really love education
Pos ini dipublikasikan di Ibu Kota. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s