Nomor Indosat Hangus, Bagaimana Ini?

Assalamua’laikum wr. wb.

Apa kabar semuanya?  Duh, kangen pisan udah lama nggak tulis-tulis di sini. Apalagi sejak punya blog baru. Maaf keun 😀

Kali ini saya mau share pengalaman mengaktifkan kembali nomor Indosat yang sempat hangus. Bagaimana caranya? Yuk disimak, semoga bermanfaat.

IMG20180719162128.jpgNomor Hangus

Beberapa bulan yang lalu saya sempat gonta ganti provider, karna satu dan lain hal. Selama itulah nomor Indosat yang telah saya gunakan sejak tahun 2007, menjadi nomor cadangan saja. Suatu saat, kelalaian saya akhirnya mengakibatkan nomor ini hangus. Lumayan panik mengingat nomor ini saya cantumkan pada data diri di berbagai tempat :’)

Akhirnya saya mencoba menanyakan hal ini ke CS Indosat melalui akun twitter resmi mereka. Sayangnya tidak terbalas, tapi saya sempat membaca beberapa respon dari kasus yang serupa. Jawabanya, ‘Nomor yang hangus tidak dapat diaktifkan kembali.’ DEGH! Baiklah, sepertinya memang harus move on.

Ketika mulai mengikhlaskan, teman saya mengirim sebuah tautan yang berisi pengalaman pribadi seseorang yang berhasil mengaktifkan kembali nomor Indosat-nya. Mulai galau, antara move on atau balikan? 😀

Mengurus Nomor yang Hangus

Sebulan setelah nomor saya hangus, saya mampir ke gerai Indosat di salah satu mall Jakarta. Iseng-iseng tanya petugas di sana, setelah dicek, ‘Ini masih bisa diaktifin kak, tapi harus ke Galeri Indosat’, jelasnya. ‘Nomor yang hangus masih bisa diaktifkan kembali sampai 3 bulan setelahnya. Setelah itu nomor akan di-recycle.’

Saya pun makin condong buat balikan. Akhirnya setelah memantapkan hati, pagi ini saya menuju Galeri Indosat yang berada di lantai dasar Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat. Pukul 08.30 WIB saya tiba di sana, beruntung masih sepi jadi tidak perlu lama menunggu saya sudah bisa menyampaikan pengaduan saya ke salah satu Customer Service. FYI, Galeri Indosat di Jalan Merdeka ini hanya beroperasi pada hari kerja ya, mulai pukul 08.00 sampai pukul 20.00 WIB.

Sebagai catatan, nomor indosat yang baru hangus tidak dapat langsung diaktifkan kembali ya. Harus menunggu satu bulan, baru bisa diproses untuk diaktifkan lagi.

Beralih ke Nomor Pascabayar

Customer Service mengecek nomor saya. Selanjutnya ia menjelaskan, ‘Nomornya masih bisa diaktifin lagi nih. Tapi untuk nomor cantik, kalau mau diaktifin lagi harus beralih ke nomor pascabayar. Gimana, Mbak?’ Sebelum menyetujui penawaran tersebut, saya meminta penjelasan lebih lanjut mengenai ketentuan nomor pascabayar.

Paket Freedom Postpaid

Customer Service mulai menjelaskan pilihan paket Freedom Postpaid yang tertera pada brosur. Akhirnya saya memilih untuk berlangganan paket Freedom L seharga Rp99 ribu dengan limit 0. Harga tersebut belum termasuk PPN 10%, jadi saya harus membayar Rp110 ribu perbulan yang dapat didebet otomatis setiap bulannya melalui Kartu Kredit atau melalui transfer. Berhubung sampai akhir bulan ini sedang ada promo, untuk 6 bulan belangganan saya cukup mendepositkan uang saya sebesar Rp503.500 saja, sudah termasuk PPN 10%. Bagi wanita promo selalu menggiurkan bukan? Lumayan lebih hemat 😀

Fitur Limit

Paket Freedom L ini mencakup paket data serta SMS dan telepon ke sesama Indosat saja. Karena saya menggunakan fitur LIMIT 0, so untuk dapat menggunakan layanan SMS dan telepon ke operator lain, saya harus melakukan isi ulang pulsa. Agak aneh ya ‘Kok nomor pascabayar tetep harus isi pulsa?’ Setelah saya cari tau, ternyata LIMIT ini merupakan fitur baru yang ditawarkan Indosat bagi pelanggan pascabayar agar tagihan kita tidak membengkak. Pelanggan dapat melakukan setting fitur LIMIT sesuai kebutuhan. Good solution 🙂

Proses Administrasi

Setelah menyetujui penawaran, CustomerService meminta KTP Asli saya. Ia mengisi formulir berlangganan sesuai data yang tertera pada kartu identitas saya. Setelah itu saya diminta melengkapi beberapa data dan membubuhkan tanda tangan pada formulir tersebut. Setelah urusan administrasi selesai, Customer Service memberikan sim card baru, ‘Ditunggu proses aktivasinya sampai siang nanti ya, Mbak. Terima kasih.’

Alhamdulillah nomornya bisa aktif lagi. Berharap nggak ada masalah kedepannya, supaya nggak lagi-lagi berpikir ke lain hati.

Wassalamua’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

33 Comments Add yours

  1. erry berkata:

    Mba, itu syaratnya emg wajib harus pascabayar ya untuk mengaktifkannya lagi?
    Pengalaman bulan2 berikutnya gmn mbak lebih enak prabayar apa paskabayar.

    1. Rizca Fitria berkata:

      Sepertinya begitu, karena teman saya meski nomornya bukan nomor cantik tetap diminta untuk beralih ke pascabayar jika nomornya ingin diaktifkan kembali. Alhamdulillah sinyal lebih bagus dari sebelumnya. Selama 2 bulan ini ngerasa lebih enak pascabayar jadi pulsanya nggak berkurang sendiri lagi seperti sebelumnya. Semoga jawabannya membantu yaaaaa.

  2. Faya berkata:

    Mau nanya, nunggu sampe aktifnya brp lama ya? Soalnya kmrn sore udh dpt sim card baru tp sampe skrg (besok paginya) blm dpt konfirmasi sim card udh bisa dipake

    1. Rizca Fitria berkata:

      Sekitar 3 jam. Kmrn saya langsung coba sendiri sebelum dapat konfirmasi. Ternyata sudah bisa 🙂 Silakan dicoba, semoga membantu.

      1. Faya berkata:

        Udah aku coba, terus coba di telp ga bisa di hub. Berarti emg blm bisa ya? Duuuh gmn ya

      2. Rizca Fitria berkata:

        Udah coba kontak nomor cs yg kemarin? Kl belum coba aja dikontak, harusnya cs ninggalin no hp mrk di form pendaftaran nomor pascabayar yg kita dapat.

  3. Laaaluv berkata:

    Itu per bulan apa harus bayar 110k itu kak? Perbulan?

    1. Rizca Fitria berkata:

      Yap, karna aku milih paket termurah (99rb/bln) jd setelah pajak bayarnya 110rb/bulan.

  4. fikri berkata:

    kalau punya uang sih tidak masalah mba,bagaimna kalau engga punya uang kaya saya ini ? masalahnya sama ko kya mba dan saya harus ikut pasca bayar dulu selama 6 bulan dan harus deposit 500 dulu,karna saya gapunya uang yasudah jdi dgn berat hati ganti kartu,pdahal saya pkekartu itu sudah 7 tahun

    1. Rizca Fitria berkata:

      Maaf mas, tapi setau saya deposit 500ribu untuk langganan 6 bulan itu pilihan. Kl kita ga bersedia, bisa bayar langganan nya perbulan (mulai dari 100ribuan). Tapi kalau memang bisa direlakan, diganti mungkin opsi terbaik 🙂

  5. Mbak mau tanya , saya juga baru saja hangus kartunya beberapa hari ini krn lewat masa tenggang, tadi saya ke galeri ternyata suruh nunggu 1 bulan, dan suruh balik lagi nanti .. saya tanya apakah dijamin bisa balik lagi, ehh mbak csnya bilang gak bisa janji. Kira2 krn nomor sy gak nomor antik bisa juga ga ya ?

    1. Rizca Fitria berkata:

      Ga harus nomor antik kok mbak. Prosedurnya memang setelah sebulan hangus baru bisa diproses untuk diaktifkan kembali. Selama nomor mbak belum di-recycle insyaAllah masih bisa diproses untuk diaktifkan lagi. Biasanya nomor2 lama akan di-recycle oleh pihak indosat dan dijual kembali secara bebas setelah 3 bulan hangus mbak (menurut info dari petugas galerinya). Jd untuk cari aman, setelah pas sebulan langsung urus ke galeri ya mbak. Semoga membantu 🙂

  6. tantri yuniarti berkata:

    Assalumualaikum.. Kak benarkan kalau nomer hangus bisa di aktifkan lagi? 1 minggu ini nomer ku hangus karena masa tenggang trs wktu mau aku , ak krm.email dlu k cs indosat dan jwbnnya ga bisa di aktifkan lagi. Ya ak kaget scra nomer dah lama banget. Trs ak k galery nya kata yg pnya galery hrs k kota2/besar kalau aktfkan nomer hangus. Ya allah aku smpai.delima..ak hrs gmna kak…

    1. Rizca Fitria berkata:

      Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh. Berdasarkan pengalaman ku sendiri dan beberapa teman bisa diaktifkan lagi. Btw km tinggal di mana? Kebetulan aku dan beberapa temanku memang tinggal di Jabodetabek, alhamdulillah pas urus ga pake ribet. Tapi harus tunggu sebulan dari tanggal hangus ya.

  7. Asmarangga berkata:

    Sebaiknya indosat masih bisa buat pelanggan memilih pra bayar tidak dipaksa ke pasca bayar klo mau nomornya aktif lagi karena mempunyai pilihan adalah hak dan menjadi keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

  8. frglhrt berkata:

    Mba kalau misalkan lupa nomor ktp pas pertama regis gmn ya;(( soalnya dulu pas daftar sy blm punya ktp jd lupa pake ktp siapa:((

    1. Rizca Fitria berkata:

      Waktu ada kebijakan dari kominfo untuk registrasi ulang semua nomor prabayar, apakah nomor indosatnya tidak diregistrasi ulang?

  9. yani berkata:

    Kemarn saya k galeri utk aktifin lgi no kartu indosat yg hangus krn masa tenggang…pas d cek alkhamdllh ms bisa d aktifin,,dan d kasih pilihn antra prabayar dn pascabayar trseh kita m pilih yg mn…utk biaya adminstrs d kenkn biaya35 rb sy pikir sdh plus pulsa trnyt blm☺tp gk maslh yg pntg no bs aktif kmbl krn setiap galeri/grapari mgkn cr pelynny beda2,dn tdk mngg lm aktifsi slsai 10 mnt lngsng aktif lg👌

    1. Rizca Fitria berkata:

      Makasih mbak sharing nyaaa 🙂 Sebenarnya jd pascabayar juga ga masalah ya mbak, biar ga angus karna lupa isi pulsa lg 😂

    2. Ari Riyan berkata:

      Boleh tau alamat galeri yg mba tuju? terima kasih.

      1. Rizca Fitria berkata:

        Galeri Indosat yg ada di lantai dasar Kantor Pusat Indosat Ooredoo Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Mas. Persis di depan patung kuda (dekat monas).

    3. Novianti berkata:

      Mba boleh tau galeri yg mba tuju dimana? Terus pas ke galeri memang kartunya sudah hangus lebih dari 1 bulan?

      1. Rizca Fitria berkata:

        Galeri Indosat di lantai dasar Gedung Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Mbak. Waktu saya datang ke galeri kartunya memang sudah sebulan lebih hangus.

  10. Martin Retno Anggraini berkata:

    Mau nanya dong, kan aku udah ganti ke pascabayar nah kata cs nya kemarin nomer bakal selalu aktif selama pembayaran tiap bulannya jalan. Aku belum ada sebulan pakek pascabayar kok tibatiba dapet sms nomer bakalan hangus terus disuruh isi nominal berapapun. Itu gimana ya maksudnya?

    1. Rizca Fitria berkata:

      Mohon maaf sebelumnya untuk kasus ini saya belum pernah ngalamin. Cb ditanyakan lgsg ke cs via twitter @indosatcare atau email ke cs@indosatooredoo.com untuk jawaban yg pasti 🙂

  11. Tri Nugroho berkata:

    mbak mau tanya dong,, kalau tadi mengaktifkan nomer hangus bisa di wakilkan ngga ya, atau emg harus orang nya langsung atau ada syarat khusus kalu di wakilkan

    1. Hendri berkata:

      Tidak bisa diwakilkan. Harus pemilik nomor nya langsung yang mengurus info dari CS Indosat Ooredoo Pusat

      1. Rizca Fitria berkata:

        Terima kasih mas infonya 🙂

    2. Rizca Fitria berkata:

      Nah iya setauku harus orangnya langsung.

  12. Arif hidayat berkata:

    Kalo misal udah hangus berbulan bulan masi bisa di aktifkan lagi ngk

    1. Rizca Fitria berkata:

      Bisa dicek dulu mas ke cs di galeri. Kl belum direcycle nomornya kemungkinan bisa 🙂

  13. Hana berkata:

    Aku punya masalah yang sama juga, nomor indosatku hangus, Krn lupa gak isi pulsa.
    Yang aku tidak suka dari Indosat adalah ADANYA KESAN MEMAKSA PELANGGAN UNTUK BERALIH DARI PRA BAYAR KE PASCA BAYAR.
    Alasan yang mereka sampaikan klise “karena sistem”.

    Mau gak mau “move on” ke kartu lain aja…. Yang lbh ramah dan bersahabat…

    Aku sdh memakai nomor Indosat ini belasan tahun loh, dan Indosat tidak berupaya mempertahankan pelanggannya…

    Amat disayangkan…🤦🤦🤦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s